19 February 2020, 18:00 WIB

Unik, Alumni Fakultas Peternakan UGM Dilantik di Kandang Ayam


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

MOMEN unik terjadi dalam proses pelantikan Keluarga Alumni Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (Kapgama) 2020-2025. Pelantikan kepengurusan yang diketuai Achmad Dawami itu dilakukan di kandang ayam.

Kapgama yang dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PP Kagama Ganjar Pranowo, dilantik di kandang ayam tertutup (closed-house) berukuran 8x24 meter persegi milik Fakultas Peternakan UGM.

Kandang Ayam hasil kerja sama dengan PT. Japfa Comfeed Indonesia itu merupakan kandang ayam tertutup berstandar internasional pertama di Indonesia.

Achmad Dawami mengatakan, pihaknya akan berkontribusi mendorong meningkatnya kontribusi sektor petenakan di Indonesia, terutama dalam membangun sumber daya manusia Indonesia.

Baca juga : Kadinsos Jabar Terpilih Jadi Ketua KAGAMA Jabar

Ia merujuk pada konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia masih rendah, yakni hanya sebesar 8%. Jauh lebih rendah dibanding Malaysia yang mencapai 28%, Filipina 21% dan Thailand 20%.

“Kami berharap Kapgama didukung oleh KAGAMA untuk bisa memprioritaskan pembangunan SDM dengan meningkatkan konsumsi protein yang lebih baik,” kata Alumnus Fakultas Peternakan UGM angkatan 1974 itu dalam siaran persnya.

Ganjar pun menyambut baik visi Kapgama. Ia mengatakan akan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo soal keinginan Kapgama membangun SDM Indonesia lewat peternakan.

“Pesan Saya, jaga kerukunan. Kumpul-kumpul, makan, selfi-selfi, itu penting. Tapi ada yang lebih hebat yakni kontribusi untuk bangsa,” pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT