19 February 2020, 20:36 WIB

Tak Tahan Ulah Dewan, Sekwan DPRD Mabar Mundur


John Lewar | Nusantara

PIMPINAN Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Barat NTT, Alexsius Saryono secarah mendadak mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu disebabkan dirinya tak tahan ulah beberapa oknum anggota dewan yang kerap memaksanya berbuat curang.

Pengunduran diri Alexsius merupakan bentuk kekecewaannya terhadap ulah dan tingkah laku aneh yang dilakukan oknum anggota DPRD baik dalam agenda sidang, pemaksaan dirinya yang harus mengikuti apa kemauan anggota baik itu dalam perjalanan dinas maupun permintaan pengembalian mobil dinas diganti dengan uang negara.

"Benar adik saya sudah secarah resmi mengajukan surat pengunduran diri sebagai sekretariat dewan. Pengunduran diri ini, surat saya sudah tujukan ke bupati dan tembusanya ke ketua DPRD sendiri,"ucap Alexs menjawab Media Indonesia, Selasa (19/2).

Alexs mengaku tidak tahan memenuhi semua kemauan dari anggota dewan. Kecuali yang sesuai dengan aturan yang ada. Jika memenuhi permintaan di luar aturan itu artinya menjerumuskan diri dalam masalah.

"Jadi daripada saya bermasalah hukum dikemudian hari, lebih baik saya mengundurkan diri dengan terhormat agar lebih nyaman dan tentra," ujar Alexs.

Namun, Alexs enggan menyebut siapa saja oknum anggota dewan yang memaksanya tersebut.

Ketua DPRD Mabar Editasius Endi menyayangkan pengunduran diri Alexsius Suryono. Namun, dia menghormati keputusan tersebut.

"Benar yang bersangkutan sudah mengajukan pengunduran diri. Hal itu
kewenangan ada di Bupati Manggarai Barat," ujar Edi.

Saat ditanya terkait alasan pengunduran diri Sekwan Alexius Suryono,  Editasius Endi enggan menjawabnya. "Yang tahu persis itu sekwan itu sendiri," dalihnya.

Menurut Endi, permintaan menggembalikan mobil dinas dengan uang memang aneh. Sebab itu fasilitas negara telah disiapkan untuk jabatan. "Tapi kalau ada yang meminta diganti uang, yang tahu adalah sekwan sendiri. Saya tahu tapi lebih baik tanyakan saja pada Alexs Sendiri," tandasnya. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT