19 February 2020, 20:36 WIB

Bank Mandiri Tunda Akuisisi Bank di Korsel Akibat Virus Korona


Despian Nurhidayat | Ekonomi

Wabah virus korona (Covid-19) yang semakin meluas membuat PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menunda akuisisi bisnis ke Korea Selatan.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar menuturkan, kondisi saat ini membuat pihaknya harus berhati-hati dalam membuat suatu langkah bisnis.

"Belum (jadi). Apalagi sekarang, ada ini (virus korona), mana ada yang pergi. Situasinya kita berharap virus korona berhenti dulu baru kita bisa bergerak semua," ungkap Royke di kantornya, Jakarta, Rabu (19/2).

Selain menunda ekspansi, Royke menyebut, penyebaran virus korona juga berdampak terhadap pertumbuhan kredit perbankan yang melemah.

"Pasti akan lambatlah. Kita juga prihatin dengan korona ini pasti akan impact. Pertumbuhan kredit kelihatan agak slow di awal ini," lanjutnya.

Dia mengatakan penyebaran virus korona pasti akan berdampak besar terhadap sektor perbankan, khususnya penyaluran kredit. Pihaknya akan terus berusaha untuk menggali potensi di sektor lain.

"Kredit pasti slow. Tapi kita selalu berusaha gali potensi lain. Misalnya permintaan domestik, mikro, UMKM, kan tetap jalan," ujar Royke.

"Saya sih masih optimistis sepanjang korona bisa cepat berakhir. Sekarang orang-orang aja salaman banyak yang enggak mau," pungkasnya. (E-3)

 

BERITA TERKAIT