19 February 2020, 17:00 WIB

Budaya Organisasi Tunjang Performa Organisasi Berlangsung Lama


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

PENTINGNYA memiliki budaya organisasi pada setiap perusahaan atau lembaga menjadi hal yang utama dalam keberhasilan kepemimpinan.

Hal itu ditegaskan oleh pakar Budaya Organisasi Agung Solihin dalam disertasinya yang berjudul “Peran Budaya Organisasi Dalam Mediasi Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Orientasi Strategis dan Sumber Daya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi"

Agung menilai, budaya organisasi akan menunjang kepiawaian seorang pemimpin untuk mencapai performa organisasi dalam jangka waktu lebih panjang.

"Mengapa demikian, karena ketika si pemimpin tersebut pindah/dipindahkan/selesai menjabat, maka performa organisasi tidak lagi sebaik disaat si pemimpin tersebut ada,” ujar Agung di sidang terbuka dalam memperoleh gelar Doktor dari Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti, seperti dalam siaran persnya.

Agung yang juga merupakan Founder SCB Consulting (Konsultan Budaya Organisasi) melanjutkan, bila pemimpin ingin keberhasilan performa organisasinya berkelanjutan, maka harus membangun budaya organisasi yang kuat.

Baca juga : Penyebaran Air Permukaan di Indonesia Tidak Merata

"Karena pemimpin yang hebat bukanlah pada saat ia menjabat, namun pada saat ia selesai menjabat, legacy apa yang berhasil ia tinggalkan, legacy yang sangat penting tersebut salah satunya adalah budaya organisasi." Lanjut Agung yang mendapatkan predikat cumlaude pada disertasinya.

Di sisi lain, seorang pemimpin juga perlu mengembangkan kemampuan lainnya untuk menunjang performa organisasi. kemampuan itu didapat lewat medium pelatihan yang diikuti.

"Dengan melaksanakan pelatihan-pelatihan seperti meningkatkan kemampuan Public Speaking, Effecitive Communication, Leadership Development, maupun Coaching skill adalah langkah selanjutnya agar keberhasilan lembaga tersebut bersifat jangka panjang" jelas Agung.

Dalam hasil penelitan yang diujinya melalui studi empiris terhadap Puskesmas di sejumlah Kelurahan DKI Jakarta, Agung membuktikan adanya pengaruh gaya kepemimpinan puskesmas terhadap tingkat kepuasan pelanggan,

Hal ini dibenarkan Kepala Puskesmas Kecamatan Cakung Juraidah yang jadi salah satu subjek penelitian Agung.

Baca juga : Dendam Basuki Hadimuljono Pada ITB Terbayar Lunas

“Penelitian yang dilakukan Pak Agung, menambah pemahaman kami akan pentingnya membangun budaya organisasi, dan terbukti setelah menetapkan budaya organisasi, saat ini organisasi kami adalah salah satu organisasi yang mendapat penilaian tertinggi dalam hal kepuasan pelanggan di Puskesmas Se-DKI Jakarta" Ujar Junaidah.

Kemampuannya mengelola mitra dan jajaran Puksemas, lanjur Juraidah, juga bertambah, setelah ia mengikuti sejumlah pelatihan soal kepemimpinan.

"Pengetahuan tentang ilmu-ilmu kepemimpinan semakin memotivasi saya melakukan yang terbaik dan menjaga keberlangsungan program-program unggulan agar dapat terus dilaksanakan sampai jangka panjang" tutur Junaidah.. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT