19 February 2020, 12:15 WIB

Tips Agar Berat Badan tidak Bertambah Saat Bekerja dari Rumah


Fetry Wuryasti | Weekend

BANYAK orang mungkin mengangankan bisa bekerja di rumah ketimbang di kantor, sehingga bisa menyambi mengusus anak, misalnya. Namun, tahukah Anda bahwa bekerja dari rumah berpotensi meningkatkan berat badan 0,5kg dalam seminggu.

Pasalnya, meskipun pilihan makanan akan lebih sehat dibandingkan ketika Anda berada di kantor, kemungkinan Anda untuk ngemil berlebihan sangat besar.

"Jika Anda bekerja di rumah, setidaknya Anda akan mengonsumsi 500 kalori ekstra sehari, yang akan menghasilkan kenaikan berat badan 0,5 kg dalam seminggu," kata Dr Lee Phong Ching, seorang konsultan di Departemen Endokrinologi di Singapore General Hospital, seperti dikutip Channelnewsasia.com.

Jaclyn Reutens, ahli gizi klinis dan olahraga serta pendiri Aptima Konsultan Nutrisi dan Olah Raga mengatakan, sekantong keripik 75g memiliki 400 kalori, biskuit mengandung 160 kalori per potong nya, belum lagi kopi three-in-one dengan 90 kalori, juga jus atau minuman kemasan, mengandung 120 kalori per sajian. Makanan dan minuman inilah yang berpotensi mendongkrak berat badan.

Tapi jangan khawatir. Menurut Harvard Medical School jika Anda tidak punya waktu untuk berjalan 30 menit sehari, ada beberapa cara untuk membuat Anda tetap aktif di rumah, seperti  merenggangkan badan selama lima menit setiap jam. Anda juga disarankan minum air lebih banyak, sehingga akan berjalan lebih banyak saat istirahat ke kamar mandi.
Selain itu, Anda juga dapat meluangkan waktu jalan kaki membeli makan siang. Sembari menonton televisi, Anda juga bisa melakukan push-ups. (M-4)

BERITA TERKAIT