18 February 2020, 22:12 WIB

Anies Dinilai Ketua DPRD Kurang Mampu Kontrol Bawahan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan diminta agar tidak mudah percaya pada bawahan dan menerapkan azas checks and balances kepada jajarannya dalam setiap program.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam menanggapi hasil jajak pendapat Indo Barometer yang menyebut kepuasan publik terhadap Anies dinilai paling rendah di antara dua mantan pemimpin sebelumnya yakni Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama.

"Jangan selalu percaya dengan anak buah, harus selalu checks and recheck. Ini kan masalahnya ketahuan anak buah mungkin ke Anies bilang siap," kata Prasetyo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/2).

Salah satu hal yang menjadi bukti Anies hanya ingin tahu beres tanpa meneliti kinerja bawahannya adalah yang baru-baru ini terjadi terkait rekomendasi penggunaan kawasan Monumen Nasional untuk lintasan balap Formula E.

Dinas Kebudayaan yang mendapat rekomendasi dari Tim Sidang Pemugaran (TSP) malah menuliskan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) saat menulis surat rekomendasi.

Baca juga : Izin Dicabut Pemprov DKI, Pemilik Black Owl Merasa Janggal

"Ini kan salah satu contoh. Jadi anak buah ini harus dibuat check and recheck semua nggak bisa dilepas begitu saja. Seperti masalah banjir kita beli alat di pemerintahan sebelumnya segitu banyaknya alat, tapi kenyataan yang ada kenapa banjir bisa seperti itu," tutur Prasetyo.

Anies juga dinilai kurang fokus pada upaya pengentasan beberapa masalah pokok seperti macet dan banjir.

"Kalau dia (Anies) turun kebawah dia buat normalisasi kali yang ada di Jakarta, itu kan juga mengurangi masalah yang ada di Jakarta. Yang kompleks ini bukan hanya masalah macet dan banjir, kalau begini terus hujan lokal aja banjir. Dulu ada perbaikan kok, tapi sekarang malah banjir," tegasnya.

Sebelumnya, dalam survei mengenai kepuasan publik terhadap pemimpin DKI Jakarta dibandingkan dua gubernur sebelumnya yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), di pengendalian banjir misalnya, hanya 4,1% responden yang menganggap Anies berhasil.

Sementara sebanyak 42% menilai Ahok berhasil dan 25% responden memilih Jokowi berhasil mengendalikan banjir. Sisanya 28,1% menjawab tidak tahu.

Survei itu dirilis Minggu (16/2) dengan jumlah responden sebanyak 1.200 responden dan jajak pendapat dilakukan pada 9-15 Januari lalu.(OL-7)

BERITA TERKAIT