18 February 2020, 22:01 WIB

43 Orang Lolos Administrasi Calon Anggota Kompolnas 2020-2024


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

PANITIA seleksi (Pansel) calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2020-2024 mengumumkan 43 nama peserta yang lolos syarat administrasi.

Menurut Ketua Pansel, Suprman Marzuki, sebelumnya ada 98 orang yang mendaftar. Dari angka tersebut, hanya 76 yang melengkapi syarat administrasi.

"Itu yang kita seleksi dan akhirnya lulus, baik yang dari unsur pakar kepolisian maupun unsur tokoh masyarakat," kata Suparman di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Selasa (18/2).

Dari 43 nama, sebanyak 16 orang berasal dari unsur pakar kepolisian, sedangkan sisanya, yakni 26 orang merupakan tokoh masyarakat. Menurut Suparman, mereka selanjutnya akan mengikuti sejumlah rangkaian tes seperti asesmen, wawancara, dan kesehatan.

Nantinya, pansel akan memilih 12 orang yang akan diserahkan langsung ke Presiden.

Baca juga : Kompolnas Pertanyakan Hasil Investigasi Kontras Di Kasus Kendari

"Untuk melengkapi anggota Kompolnas yang jumlahnya sembilan, tapi tiga dari pemerintah, yaitu Menkopolhukam, Mendagri, dan Menkumham, tiga tokoh masyarakat dan tiga kepolisian," imbuh Suparman.

Suparman menegaskan pihaknya tidak mencari job seeker. Calon anggota yang dipilih, lanjutnya, merupakan figur yang memiliki integritas dan komitmen sungguh-sungguh untuk menjadi pembaharuan dari kepolisian.

Hal itu dikarenakan tugas anggota Kompolnas yang sangat strategis, yakni membantu Presiden memilih dan merumuskan kebijakan Kapolri.

Rangkaian seleksi calon anggota Kompolnas akan selsai pada akhir April 2020. Dalam kurun waktu tersebut, Suparman mendorong masyarakat untuk memberikan masukan mengenai calon-calon yang dianggap mumpuni. (OL-7)

BERITA TERKAIT