18 February 2020, 21:32 WIB

Ganti Uang Tunai, Jemaah Haji 2020 bakal Dibekali Kartu Debit


Kautsar Bobi | Humaniora

JEMAAH haji Indonesia pada 2020 akan dibekali kartu debit untuk membiyaai kehidupan sehari-hari. Sehingga jemaah tidak lagi diberikan uang tunai.

"Mulai tahun ini, kita lakukan, kita siapkan bimbingan dengan baik, kita treat kepala regu masing-masing, pimpinan kloter yang membantu mereka di lapangan," ujar Menteri Agama Fachrul Razi di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

Baca juga: Sertifikasi Halal tidak cuma di MUI, Menag Ingin Cepat dan Murah

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya jemaah haji Indonesia cenderung boros ketika diberikan uang dalam bentuk tunai. Tidak dipungkiri adanya pemikiran untuk menghabiskan uang itu.

Baca juga: Kemenag Akan Membina Pendakwah dan Beri Sertifikat

"Kalau dikasih dalam bentuk debit, mungkin akan dipakai secukupnya, dan mereka (jemaah haji) bangga pulang masih ada isinya," tuturnya.

Selain itu, sambung dia, kartu itu juga berfungsi sebagai kartu identitas jemaah. "Dengan itu (kartu debit) mudah-mudahan akan jadi lebih baik," pungkasnya.

Baca juga: Kemenag Cari Perusahaan Lokal untuk Katering Haji

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi menjamin pelayanan untuk jemaah haji bakal lebih baik. Servis terus ditingkatkan tanpa penambahan biaya. "Sebagai contoh makan dulu di Mekkah 40 kali, sekarang kita jadikan 50 kali," kata Fachrul. (X-15)

BERITA TERKAIT