19 February 2020, 02:20 WIB

Budi Karya Sumadi Filosofi Kesederhanaan UGM


MI | Hiburan

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi, 63, mengajak sivitas akademika Universitas Negeri Gadjah Mada (UGM) untuk menjaga filosofi kesederhanaan dan mampu menjadi motor penggerak persaingan.

Hal tersebut ia sampaikan ketika menyampaikan pidato ilmiah berjudul Pengembangan Sistem Transportasi Menuju Pembangunan yang Berkeadilan dan Berkelanjutan dalam peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-74, Senin (17/2), di Grha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta.

"Saya dibesarkan di UGM ini dengan suatu kesederhanaan. Kesederhanaan sebagai filosofi hidup baik. Dengan kesederhanaan, kita bisa mengerjakan tugas dengan baik," ujarnya. Ia mengatakan perguruan tinggi harus mampu menjadi motor penggerak persaingan.

"Dunia pendidikan tidak boleh hanya di kampus untuk meneliti hal-hal yang rutin, tetapi membuat terobosan langsung ke hilirisasi, ke dunia industri," lanjut Budi.

Dia menambahkan bahwa pendidikan perguruan tinggi memiliki peran penting dan strategis untuk menyiapkan generasi berkualitas. Pemerintah siap untuk berkoordinasi dan berkolaborasi erat dengan para akademisi dan swasta untuk menciptakan sinergi dan hasil yang nyata. (AT/H-3)

BERITA TERKAIT