18 February 2020, 20:07 WIB

Nasib Gibran sebagai Calon Wali Kota Ditentukan Pekan Depan


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

PDI Perjuangan berencana mengumumkan 50 calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020 di kantor pusat partai di Jakarta pada esok hari.

Sementara untuk sejumlah daerah, baru akan diumumkan setelah 23 Februari, termasuk di Surakarta, Jawa Tengah, tempat anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang maju jadi bakal calon Wali Kota Surakarta dari PDIP.

"Pada dasarnya Kota Solo sudah siap. Tapi pelaksanaan sesuai aspirasi, setelah tanggal 23 Februari. Nanti akan bersamaan dengan para calon dari Bali dan juga beberapa wilayah ibukota propinsi seperti Makassar," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (18/2).

Baca juga : Anaknya Maju Pilkada Kediri, Pramono Anung: Penugasan PDIP

Sementara itu untuk beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur, Hasto mengatakan pihaknya masih melakukan pemetaan. Namun tetap ada calon kepala daerah dari wilayah Jawa Timur yang akan diumumkan besok. Yakni untuk wilayah Ngawi, Lamongan, Malang, dan Sumenep

Mantan wali kota Blitar dan gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful memberikan dukungan kepada putra pertama presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang menjadi bakal calon wali kota Solo dari PDI Perjuangan.

Menurut Djarot, para bakal calon pimpinan daerah tak perlu takut soal modal finansial untuk maju di pilkada.

"Saya ingin katakan kepada para calon kepala daerah dari PDI Perjuangan, jangan takut bila tak punya modal finansial besar. Bekerja saja yang baik sekaligus terbaik," kata Djarot. (OL-7)

BERITA TERKAIT