19 February 2020, 00:20 WIB

Kapal Hantu Terdampar di Irlandia


MI | Internasional

KAPAL 'hantu' terombang-ambing tanpa awak selama lebih dari satu tahun dan tersapu ke pantai selatan Irlandia. Kapal MV Alta, kapal kargo sepanjang 77 meter, terdampar di Ballycotton, Cork, Irlandia, akibat terjangan badai Dennis.

Pengembaraan kapal Alta dimulai pada September 2018 dengan 10 awak kapal ketika kapal itu rusak dalam perjalanan dari Yunani menuju Haiti.

Mereka diselamatkan penjaga pantai AS. Saat itu, penjaga pantai AS sedang bekerja dengan pemilik kapal berbendera Tanzania untuk mengatur tarikan kapal kembali ke pantai.

Situs berita maritim Fleetmon melaporkan menerima korespondensi dari orang yang diduga pemilik kapal bahwa kapal itu dua kali dibajak dari Guyana.

Penampakan kapal berusia 44 tahun berikutnya pada Agustus 2019 ketika kapal patroli es AL Kerajaan Inggris, HMS Protector, menemukan kapal Alta mengambang tanpa awak di Samudra Atlantik.

Perjalanan Alta berakhir di bebatuan ketika terjadi terjangan Badai Dennis, akhir pekan kemarin. Penjaga pantai Irlandia mengatakan helikopter penyelamat telah dikirim ke lokasi pada Minggu, tetapi tidak ditemukan awak kapal di dalamnya.

"Konsultasi terus dilakukan antara penjaga pantai Irlandia, Dewan Wilayah Cork, dan badan-badan terkait lainnya sehubungan dengan masa depan bangkai kapal itu," kata Dewan Wilayah Cork dalam sebuah pernyataan. (The Straits Times/Nur/I-1)

BERITA TERKAIT