18 February 2020, 18:30 WIB

Tanggul Kali Ingas Jebol saat Bengawan Solo Siaga Banjir


M. Yakub | Nusantara

TANGGUL Kali Ingas di Desa Kedung Primpen, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, jebol pada Selasa (18/2) siang. Jebolnya tanggul itu karena anak sungai Bengawan Solo itu meluap  setelah hujan dengan intensitas yang menguyur kawasan setempat dalam beberapa hari terakhir.

Sejumlah pihak terkait kemudian melakukan penanganan darurat tanggul yang jebol itu. Hal itu dilakukan karena khawatir dampak jebolan tanggul semakin meluas seiring meningkatnya permukaan Bengawan Solo yang sudah berstatus siaga banjir. "Betul, tanggul Kali Ingas jebol," ujar Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto, Selasa (18/2) sore.

Menurut dia, saat aparat gabungan bersama BPBD dan warga tengah melakukan penanganan darurat tanggul. Upaya ini, kata dia, antisipasi agar potensi bencana yang lebih besar bisa diminimalisasi. Terlebih, sejak pagi tadi debit permukaan Bengawan Solo dalam status siaga l banjir. "Kami juga siaga banjir bengawan solo," tandasnya.

Jebolnya tanggul Kali Ingas itu, lanjut dia, terjadi pada tadi pagi. Hal ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan tanggul sungai longsor tergerus luapan air. 

Dampak jebolan itu mengakibatkan areal pertanian di Desa Temu terendam. Belum diketahui berapa total luasan lahan pertanian yang terendam. BPBD Bojonegoro telah mengirimkan 500 lembar karung plastik dan 5 lembar terpal untuk penanganan tanggul jebol tersebut. (OL-12)

BERITA TERKAIT