18 February 2020, 17:49 WIB

Wakil Ketua MPR Usulkan Pengalaman WNI Di Wuhan Dijadikan Buku


Deden Muhammad Rojani | Humaniora

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengusulkan pengalaman mahasiswa Indonesia di Wuhan, Tiongkok saat berkutat dengan dengan virus korona COVID-19 hingga proses evakuasi dan proses karantina di Natuna dijadikan buku sebagai peringatan ke masyarakat.

Hal itu dikatakan Lestari saat menerima kunjungan sejumlah mahasiswa Indonesia di Wuhan yang baru saja menyelesaikan proses observasi selama 14 hari di Natuna usai dievakuasi dari Wuhan, di gedung Nusantara 3, Kompleks DPR/MPR, Selasa (19/2).

“Sehingga pengalaman yang jarang ini bisa dibagikan ke masyarakat luas agar lebih mewaspadai dampak virus COVID-19 ini,” kata Lestari.

Politikus Partai NasDem itu menegaskan, evakuasi warga negara Indonesia di Wuhan akibat merebaknya COVID-19, merupakan kerja sama solid antara pemerintah, legislatif, dan kalangan swasta yang membuat proses itu menjadi lancar.

Dalam pertemuan itu, para mahasiswa yang dinyatakan dalam keadaan sehat itu juga turut menceritakan suasana di Wuhan saat COVID-19 pertama kali merebak di akhir tahun lalu.

Baca juga : Ini Penyebab Kelangkaan dan Mahalnya Masker di Jakarta

Selain itu, mereka juga menegaskan, masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya di Indonesia menerima kepulangan mereka dengan baik usai menjalani proses karantina.

"Sejauh ini masyarakat di lingkungan kami sih menerima kami dengan baik. Demikian juga dengan aparat pemda," ujar Fani mahasiswa semester 1 Universitas Wuhan.

Fani juga mengusulkan agar pemeriksaan orang yang masuk ke Indonesia dari Tiongkok lebih diperketat untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Hal itu karena ia melihat ada modus masuk ke Indonesia dengan pemeriksaan minimum dengan terlebih dahulu transit di Thailand.

"Ada beberapa kenalan yang saat di sejumlah bandara di Tiongkok belum di lock down tidak langsung ke Indonesia. Mereka ke Thailand dulu, baru terbang ke Indonesia. Mereka bisa tidak melalui pemeriksaan yang ketat," jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT