18 February 2020, 15:29 WIB

Pemilihan Wagub DKI Dilakukan Lewat Voting Tertutup


Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum

DPRD DKI Jakarta telah sepakat untuk melanjutkan proses pemilihan wakil gubernur pada akhir bulan ini. Pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta nantinya akan dilakukan secara tertutup.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik menyebut pihaknya akan mengesahkan tata tertib untuk pemilihan wagub DKI dalam rapat paripurna yang digelar besok.

"Boleh dilihat pemilihannya. Yang tertutup itu maksudnya tulis nama di atas kertas lalu dimasukkan ke dalam kotak," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/2).

Awalnya politikus Partai Gerindra itu hendak meminta agar pemilihan digelar dengan voting terbuka yakni satu persatu anggota dewan menyebut cawagub yang dipilih.

Hal itu ditujukan agar proses pemilihan berjalan transparan.

"Argumennya sederhana agar transparan ke publik kan tuntutannya transparan-transparan kita ajak terbuka saja ini bagian dari pertanggungjawaban anggota DPRD dalam menentukan politiknya kepada konsistensi tapi karena sepakat menghargai keputusan hasil pansus yang lama ya sudah kita tertutup enggak masalah," jelasnya.

Sementara itu, sebelum pemilihan, DPRD terlebih dulu akan melakukan pembentukan panitia pemilihan (panlih) dengan jumlah sembilan anggota dengan satu perwakilan dari satu fraksi.

"Besok DPRD akan bersurat ke masing-masing fraksi untuk mengutus satu orang sebagai anggota," tegasnya.

Sebelumnya, kursi wagub sudah kosong sejak Sandiaga Uno mengundurkan diri sejak Agustus 2019 lalu karena mengajukan diri sebagai cawapres pada Pemiu 2019. Sementara itu, dua cawagub yang sebelumnya sudah didaftarkan justru ditarik mundur yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Penarikan dua nama ini karena Partai Gerindra merasa kurang sreg terhadap dua kader PKS tersebut.

Gerindra pun meminta ada dua nama baru yang dicalonkan sebagai wagub. PKS pun menyetujuinya dan muncullah dua nama yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari PKS.(OL-4)

BERITA TERKAIT