18 February 2020, 15:19 WIB

Pemerintah Pastikan Bangun Venue FIBA World Cup 2023


Andhika prasetyo | Olahraga

PEMERINTAH pastikan membangun venue baru untuk mendukung terselenggaranya Fédération Internationale de Basketball (FIBA) World Cup 2023 di Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan, pembangunan fasilitas olahraga itu akan dilakukan di Jakarta dan menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Persyaratan dari FIBA, untuk jadi venue kelas dunia, kapasitas penonton harus ada batas minimumnya. Sekarang kita memang masih belum di kelas itu. Tetapi dengan waktu persiapan yang cukup panjang, kami optimistis bisa membangun itu," ujar Zainudin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia Danny Kosasih mengungkapkan, saat ini, Istora Senayan hanya memiliki kapasitas tampung 7.200 penonton. Sementara, seusai ketentuan FIBA, standar sebuah venue harus memiliki kapasitas mimimal 8.000 orang.

"Kalau kita cuma bisa 7.200, itu tidak akan cukup. Itu belum dipakai untuk media. Nanti seat bisa berkurang 2.000. Jadi tadi Pak Presiden sudah janji akan membangun venue baru. Kami minta kapasitas sampai 20.000 orang," ucap Danny.

Terkait lokasi, pilihan akan ditetapkan di Jakarta dan diperkirakan tidak akan jauh dari Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.

"Tadi memang ada beberapa pertimbangan. Kalau saya dengar, bisa ada di sekitar Senayan. Soalnya, untuk hotel, kita pakai Mulia dan Fairmont. Terus ada mall juga. Rumah sakit ada. Kita cuma kurang venuenya. Jadi kita pikir bagaimana membangun venue di Jakarta ini," tutur dia. (OL-2)

BERITA TERKAIT