18 February 2020, 13:40 WIB

Pilkades Mekarsari Batal Semua Calon Mundur


Benny Bastiandy | Nusantara

DESA Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, batal melaksanakan Pilkades serentak tahun ini. Penyebabnya, semua bakal calon kepala desa yang berjumlah 10 orang memilih mengundurkan diri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, mengatakan awalnya sesuai agenda terdapat 248 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada 23 Februari. Namun jumlahnya berkurang menjadi 247 desa karena Desa Mekarsari di Kecamatan Cikalongkulon batal melaksanakannya.

"Semua bacalon di Desa Mekarsari mengundurkan diri. Jadi, sesuai kesepakatan tidak akan melaksanakan Pilkades," kata Ahmad Danial kepada Media Indonesia, Kamis (18/2).

Secara umum, kata Danial, tahapan pelaksanaan Pilkades sudah tidak ada permasalahan. Saat ini tahapannya sudah memasuki masa kampanye terbuka. Pelaksanaan kampanye berlangsung selama tiga hari terhitung Senin (17/2) hingga Rabu (19/2).

"Selanjutnya memasuki hari tenang pada Kamis (20/2) hingga Sabtu (22/2). Ini tahapan terakhir sebelum masa pencoblosan pada Minggu (23/2). Kami mohon doannya agar pelaksanaan berjalan aman dan lancar," jelas Danial.

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menambahkan Pemkab Cianjur mengapresiasi semua pihak yang ikut membantu menjaga kondusivitas wilayah menghadapi Pilkades serentak. Herman optimistis pelaksanaan Pilkades di Cianjur bisa berjalan aman, lancar, dan tertib.

"Dengan kekompakan dan soliditas Polres Cianjur, Kodim 0608, maupun unsur Forkopimda, saya yakin pelaksanaan Pilkades bisa berjalan aman dan lancar. Tahun ini ada 247 desa yang melaksanakan Pilkades serentak. Satu desa gagal," kata Herman.

Herman mengajak masyarakat berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilih mereka pada 23 Februari nanti. Herman pun meminta masyarakat ikut menjaga kondusivitas.

"Ini pesta demokrasi masyarakat. Jadi, jaga kondusivitas," pungkasnya. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT