18 February 2020, 07:15 WIB

DPR Berencana Sidak Revitalisasi TIM


Candra Yuri Nuralam | Megapolitan

DPR berencana belakukan inspeksi dadakan (sidak) ke lokasi revitalisasi Taman Iskandar Marzuki (TIM). Sidak ini dilakukan usai adanya laporan dari Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki.

"Kita akan lakukan secepatnya (sidak). Kita akan jadwalkan secepatnya. karena kita menghendaki moratorium, menyetujui moratorium," kata Ketua Komisi X Syaiful Huda di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/2).

Syaiful mengatakan DPR perlu mengetahui hal yang sebenarnya terjadi di TIM. Dia ingin memastikan dugaan pelanggaran yang diadukan masyarakat di sana.

Baca juga: Pemprov DKI Menampik Tabrak Aturan Soal Penutupan Diskotek

"Makanya ini diagnosa atau kesimpulan kita sementara, karena itu kita akan undang Pemerintah Provinsi DKI dalam rangka untuk ini," ujar Syaiful.

Syaiful tidak memberitahu kapan sidak akan dilakukan. Namun, dia mengatakan sidak ini dilakukan juga agar publik memberi dukungan terhadap moratorium yang sudah dilakukan DPR.

Ketua Komisi X Syaiful Huda. (MI/Bayu Anggoro)

Menurut Syaiful, tindakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merevitalisasi TIM salah. Dia meminta Anies untuk lebih bijak membuat tindakan ke depannya.

"Menurut saya, Pemerintah Daerah (Pemda) mana pun kalau ingin peduli terhadap sentra-sentra kebudayaan, jangan melibatkan BUMD yang sifatnya komersial. Jadi pengalokasian anggaran tuh lebih baik APBD langsung dikerjakan sebagai proyek pembangunan," ujarnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT