18 February 2020, 06:00 WIB

Si Merah tidak Ingin Jadi Unggulan


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

WALAU menjadi tim tamu, Liverpool lebih diunggulkan meraih kemenangan atas Atletico Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Cham-pions dini hari nanti di Wanda Metropolitano. Jika dibandingkan dengan Atletico Madrid, penampilan ‘si Merah’, julukan Liverpool, musim ini memang jauh lebih baik.

Di Liga domestik, Liverpool belum terkalahkan dalam 26 laga dengan meraih 25 kemenangan dan sekali imbang dan mencetak 61 gol. Adapun Atletico Madrid, kalah empat kali dalam 24 laga di La Liga. Di lima laga terakhir La Liga, Atletico Madrid bahkan menelan dua kekalahan dan hanya sekali meraih kemenangan.

Walau demikian, pelatih Liverpool Jurgen Klopp sama sekali tidak merasa tim asuhannya berada di atas angin. Pelatih asal Jerman itu menyebut Atletico Madrid tetap menjadi lawan berat. “Di La Liga musim ini, mereka memang baru mencetak 25 gol. Namun, mereka baru kebobolan 17 gol, terkecil di La Liga hingga saat ini,” ungkap Klopp.

Hal tersebut, jelas Klopp, menunjukkan lini belakang Atletico Madrid sulit untuk ditembus. Lini depan Liverpool yang akan diisi Roberto Firmino, Mohamed Salah, serta Sadio Mane dipastikan harus berjuang ekstra keras untuk bisa menjebol gawang Atletico Madrid yang akan dikawal Jan Oblak.

Di sisi lain, pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone memang dihadapkan pada pekerjaan rumah membuat lini depan tim besutannya menjadi lebih tajam. Namun, menghadapi Liverpool Simeone sepertinya kembali harus pasrah dengan mandulnya lini depan pasukannya.

Terlebih, Joao Felix yang diharapkan bisa menembus kebuntuan Atletico Madrid, dipastikan absen dalam laga kali ini. Striker muda asal Portugal tersebut harus absen karena mengalami cedera otot kaki.     

Menanti kejutan Haaland

Di laga lain, Paris Saint-Germain (PSG) kemungkinan akan memainkan Neymar Jr saat dijamu Borussia Dortmund di Signal Iduna Park. Striker Brasil yang absen di empat laga terakhir PSG karena cedera dada itu masuk daftar pemain yang dibawa pelatih Thomas Tuchel ke Dortmund.
“Neymar akan ada di Dortmund walau kondisinya tidak sebaik dua pekan lalu. Ia akan membantu kami dalam laga tersebut. Saya yakin akan hal itu,” ungkap Tuchel.

Dari kubu Dortmund, pelatih Lucien Favre akan mengandalkan striker asal Norwegia, Erling Braut Haaland, meraih kemenangan atas PSG untuk  memperbesar peluang lolos ke babak selanjutnya. Sejak didatangkan dari Salzburg Austria bulan lalu, stiker berusia 19 tahun itu telah mengemas 8 gol, tiga gol di antaranya dicetak dalam debut di Bundesliga saat membawa Dortmund menang 3-2 atas Augsburg, Januari lalu.

Bek sekaligus kapten PSG, Thiago Silva, mengaku Haaland akan jadi pemain yang paling membahayakan pertahanan PSG. Menurutnya, Haaland memiliki insting tajam dalam urusan mencetak gol.

“Ia telah mencetak delapan gol bagi Dortmund. Dan itu hal yang luar biasa. Saya sudah tidak sabar menghadapinya,” ungkap Silva. (AFP/R-1)

BERITA TERKAIT