17 February 2020, 16:50 WIB

Anies Enggan Komentari Hasil Survei soal Banjir


Selamat Saragih | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, menolak untuk mengomentari hasil survei Indo Barometer yang menunjukkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dinilai paling berhasil menangani masalah banjir di wilayah Ibu Kota.

Dalam hasil survei itu Anies berada di posisi ketiga di bawah Ahok dan Presiden Joko Widodo. Anies hanya melambaikan tangan sambil tersenyum saat wartawan memberi pertanyaan beberapa poin, khususnya soal penangnanan banjir dan dugaan kebohongan soal rekomendasi izin pagelaran Formula E tahun 2020 di Monas.

Mulanya, wartawan mengejar Anies dari Stasiun MRT Bandaran Hotel Indonesia usai agenda penandatanganan Paket Kontrak antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV) untuk Fase 2 CP 201, Senin (17/2).

Menurut survei Indo Barometer di lapangan ternyata mayoritas publik menilai Ahok, gubernur DKI Jakarta paling berhasil menangani banjir di wilayah DKI Jakarta.

Namun wartawan masih ingin Anies menjawab pertanyaan mereka lalu mengikuti gubernur DKI itu hingga ke depan Wisma Nusantara untuk dimintai tanggapan. Ternyata Anies tetap bungkam dan hanya tersenyum sembari masuk ke dalam Wisma Nusantara.

Sebelumnya, survei Indo Barometer menempatkan Ahok sebagai gubernur yang paling berhasil menangani masalah banjir di Ibu Kota.

"Satu, banjir, paling banyak dianggap berhasil Ahok 40 persen, lalu Jokowi 25 persen, Pak Anies Baswedan 4 persen," ungkap Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, saat konferensi pers di Century Park Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (16/2).

Berdasarkan survei, sebanyak 61,4 persen responden menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lebih bertanggung jawab dibanding pemerintah pusat (26,2 persen).

Sementara itu, untuk isu kemacetan, responden kembali memilih Ahok sebagai gubernur yang dinilai paling berhasil mengatasi masalah tersebut. (OL-13)

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

BERITA TERKAIT