17 February 2020, 13:49 WIB

Penumpang Kapal Pesiar MV Coral Adventurer Negatif Virus Korona


Palce Amalo | Nusantara

PETUGAS dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan pemindaian suhu badan terhadap 51 penumpang dan 36 kru kapal pesiar MV Coral Adventurer.

Koordinator KKP Maumere, Wendelinus Tese, mengatakan petugas membawa peralatan thermogun untuk memeriksa penumpang dan kru kapal yang berlabuh sekitar satu mil dari pelabuhan.

Selanjutnya, satu per satu penumpang dan kru diperiksa pukul 07.10-09.00 WITA. "Hasil pemeriksaan baik. Rata-rata suhu tubuh mereka
35,5 derajat celcius," ujarnya saat dihubungi Media Indonesia, Senin (17/2).

Baca juga: Miliki Dokter Mumpuni, Warga Sikka tak Perlu Resah dengan Korona

Setelah dinyatakan aman, kapal kemudian bergerak menuju Pelabuhan Lorens Say untuk berlabuh. Kapal bendera Australia dijadwalkan berada di Maumere, sampai Senin siang.

Sedangkan, penumpang turun ke darat untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di daerah tersebut. Termasuk, membeli tenun ikat hasil kerajinan tangan masyarakat setempat.

Menurut Wdndelinus, pemeriksaan suhu tubuh penumpang kapal sebagai antisipasi pemerintah daerah untuk mencegah masuknya virus korona ke Indonesia. Sebelum merapat ke wilayah NTT, kapal itu singgah di Singapura untuk berwisata. Selanjutnya, kapal akan berlayar menuju Timor Leste sebelum kembali Australia.(OL-11)

BERITA TERKAIT