17 February 2020, 13:09 WIB

Trump Minta Rusia Setop Dukung Rezim Suriah


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS), Donald Trump, meminta Rusia untuk mengakhiri dukungannya bagi "kekejaman" rezim Suriah. Pada Minggu (16/2), Gedung Putih mengatakan bahwa Trump menyatakan keprihatinan AS atas kekerasan di wilayah Idlib.

"Menyatakan keprihatinan atas kekerasan di Idlib, Suriah. Amerika Serikat meminta Rusia untuk mengakhiri dukungannya bagi kekejaman rezim Assad," kata Trump saat berbicara dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, seperti dikutip dari AFP, Senin (17/2).

Baca juga: Hoaks! Virus Korona Masuk Arab Saudi

Pasukan Presiden Bashar al-Assad membuat keuntungan baru pada Minggu dalam serangan mereka terhadap benteng utama pemberontak di wilayah barat laut Idlib.

Didukung oleh serangan udara Rusia, pasukan pemerintah Suriah terus melakukan serangan di Idlib dan daerah lain di Provinsi Aleppo dan Latakia sejak Desember.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pada Minggu, mengatakan bahwa pasukan rezim memegang kendali di semua desa dan kota kecil di sekitar Aleppo untuk pertama kalinya sejak 2012.

Serangan yang didukung Rusia telah memicu gelombang pengungsi terbesar dalam perang saudara Suriah, dengan 800 ribu orang mengungsi sejak Desember, kata PBB. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT