17 February 2020, 11:58 WIB

Telkom Pacu Digitalisasi hingga Pelosok


RO/S-3 | Ekonomi

BUMN telekomunikasi PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) terus memodernisasi jaringan telekomunikasi dengan teknologi berbasis 100% serta optik di kota dan kabupaten se-Indonesia, atau dikenal modern broadband city.

Adanya modernisasi jaringan ke serat optik akan menjadi landasan penting dalam penyediaan layanan platform digital dan services yang dapat diakses lewat ja-ringan fixed broadband dan seluler berkecepatan tinggi 3G/4G sekaligus menjadi langkah Telkom Group mempersiapkan layanan 5G.

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin mengatakan program modernisasi jaringan ini ialah bentuk komitmen Telkom untuk meningkatkan mutu layanan ICT bagi masyarakat serta mempercepat digitalisasi di Indonesia.

"Pada era digital saat ini, tergelarnya infrastruktur 100% fiber optic diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat atas layanan broadband berkualitas sehingga masyarakat menikmati layanan digital jauh lebih baik," ujar Zulhefi.

Adanya modernisasi jaringan juga dapat mendukung penerapan ICT yang terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah sehingga semakin efektif dan efisien melayani masyarakat, juga merangsang pertumbuhan pengguna layanan ICT untuk mendorong geliat ekonomi lokal berbasis digital.

Dia melanjutkan hingga saat ini telah terealisasi 215 modern broadband city dan 8 modern province. Modernisasi jaringan ini bakal berlanjut hingga seluruh kota di Indonesia bertransformasi menjadi broadband city.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengapresiasi komitmen Telkom untuk melakukan modernisasi jaringan sehingga Kalimantan sudah terhubung serat optik 100%. Ia berharap kehadiran konektivitas serat optik ini dapat mendu-kung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Kalimantan.

Tidak jauh berbeda, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh juga mengapresiasi realisasi modern broadband city yang menyejajarkan Kota Mataram dengan kota besar lainnya.

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menambahkan kehadiran konektivitas serat optik modern broadband city mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahte-raan masyarakat serta sejalan dengan visi dan misi Kota Denpasar. "Ini juga membantu kami meningkatkan layanan bagi masyarakat, meningkatkan mutu indeks pembangunan manusia di Denpasar, serta mendukung Kota Denpasar menjadi smart city terbaik." (RO/S-3)

BERITA TERKAIT