17 February 2020, 10:05 WIB

Demi Kemanusiaan Kita Wajib Mendukung


Che/P-3 | Politik dan Hukum

POLEMIK Eks WNI di Islamic State, berikut wawancara Media Indonesia dengan Pengamat Terorisme, Noorhaidi Hasan:

APA tanggapan Anda terkait dengan wacana pemerintah untuk memulangkan anak-anak kombatan IS eks WNI?
Pada dasarnya kami tidak keberatan dengan wacana yang digulirkan pemerintah tersebut. Kita melihat anak-anak tersebut belum mengetahui alasan mereka ikut orangtua mereka dalam mendukung gerakan teroris di Timur Tengah itu. Anak-anak itu kan ke sana bukan atas pilihan mereka. Orangtua anak-anak itu yang harus bertanggung jawab akan masa depan anak-anak mereka.

Menurut Anda, apa dasar pemerintah menerima anak-anak tersebut untuk kembali ke Tanah Air?
Alasannya tentu kemanusiaan. Kalau dasarnya itu tentu kita semua dukung karena anak-anak itu harus punya masa depan yang jelas.

Lantas apa jaminan anak-anak tersebut tidak membalas dendam jika orangtua mereka tidak diperbolehkan kembali ke Indonesia?
Pemerintah tentunya harus segera menyiapkan program deradikalisasi kepada anak-anak yang dianggap sudah terpapar ideologi teroris tersebut. Program itu tentunya harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu untuk memastikan anak-anak itu terbebas dari ideologi yang dianut para teroris. Ini harus dilakukan pemerintah dengan serius dan kontinu, tidak hanya saat-saat tertentu.

Maksudnya?
Ya, artinya tidak baru dipikirkan ketika ada kejadian seperti sekarang ini, tetapi progran deradikalisasi harus berlangsung secara berkesinambungan dengan cara yang efektif dan efisien.

Mungkinkah anak-anak itu bisa disadarkan kembali?
Walaupun sangat rentan, pada dasarnya anak-anak lebih mudah diberi pemahaman karena pengalaman mereka masih terbatas. Ini berbeda dengan orangtua mereka yang sudah mendapatkan indoktrinasi ataupun pengalaman atas ideologi yang dianut. Sekali lagi, di sini peran pemerintah dalam melakukan deradikalisasi sangat menentukan.

Bagaimana meyakinkan publik bahwa program deradikalisasi terhadap anak-anak bisa diterapkan?
Sebenarnya ini kan bukan kasus pertama. Kita sudah melihat ada sejumlah mantan teroris yang sebelumnya sangat radikal, bisa kembali hidup normal di tengah masyarakat. Jadi, kita harus optimistis.

Berarti Anda sangat mendukung rencana pemulangan anak-anak itu?
Seperti yang sudah saya katakan di atas, demi pertimbangan kemanusiaan kita wajib mendukung. (Che/P-3)

 

BERITA TERKAIT