16 February 2020, 18:18 WIB

Longsor di Bojonegoro Jembatan Nyaris Putus


M.Yakub | Nusantara

SEBUAH jembatan penghubung antarkecamatan di Dusun Kaliklampok, Desa Bobol, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, nyaris terputus akibat longsor.

Longsor yang menyebabkan 50 keluarga terisolasi ini dipicu hujan deras yang membuat Kali Klampok meluap hingga mengerus jalan dan jembatan, pada Minggu (16/2) pagi. "Iya, jembatan dan jalan itu nyaris terputus," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto, Minggu (16/2) siang.

Gerusan air sungai itu hampir memutus jalan dan jembatan sepanjang 70 meter, tinggi 2,5 meter, dan lebar 3 meter. Akibat kejadian tersebut membuat 50 keluarga warga Dusun Kaliklampok, Desa Bobol terisolasi. Sebab, jalan itu akses utama warga bersosialisasi dengan kampung lainnya. "Warga terpaksa memutar jauh untuk keluar kampung halamannya," tambahnya.

Ia juga mengingatkan, longsor susulan berpotensi terjadi lagi jika hujan deras dengan intensitas tinggi kembali terjadi. BPBD, kata dia, bersama warga dan aparat terkait bakal bekerja sama memperbaiki jalan dan jembatan yang hampir putus akibat tergerus longsor itu dengan memasang anyaman bambu dengan diperkuat dengan tumpukan karung berisi tanah. Hal ini dilakukan agar kerusakan atau longoran jembatan tidak melebar. "Kita segera lakukan perbaikan darurat," pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT