16 February 2020, 16:16 WIB

Koalisi Saudi Akui Jet Tempur Mereka Ditembak Jatuh di Yaman


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KOALISI pimpinan Arab Saudi di Yaman mengatakan, Sabtu (15/2), salah satu pesawat tempur mereka ditembak jatuh di provinsi utara pegunungan ketika memberikan dukungan udara kepada pasukan pemerintah yang memerangi pemberontak.

Kelompok pemberontak yang didukung Iran, Houthi, telah lebih dulu mengklaim telah menembak jatuh pesawat dengan rudal darat-ke-udara yang canggih.

Kantor berita milik pemerintah Arab Saudi mengutip Kolonel Turki al-Maliki, juru bicara koalisi, mengatakan pesawat perang Tornado milik angkatan udara Saudi ditembak jatuh di Provinsi Jawf, Jumat malam.

Namun dalam laporan, pihak koalisi Arab tidak mengatakan apakah ada akibat dan korban atau memberikan rincian lebih lanjut.

Konflik Yaman dimulai dengan pengambilalihan Ibu Kota Sanaa oleh Houthi pada 2014. Kelompok yang didukung Iran itu mengendalikan sebagian besar negara di sepanjang perbatasan dengan Arab Saudi.

Koalisi militer yang dipimpin Saudi yang bersekutu dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional telah berperang melawan Houthi sejak 2015.

Perang Yaman telah menewaskan lebih dari 100.000 orang dan menciptakan krisis kemanusiaan terburuk di dunia, menyebabkan jutaan orang menderita kekurangan makanan dan medis. (Ahramonline/Hym/OL-09)

BERITA TERKAIT