16 February 2020, 14:09 WIB

Menpora Apresiasi Gelaran BMX Championship


Akmal Fauzi | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi penyelenggaraan International BMX 2020 di sirkuit balap BMX, Pulomas, Jakarta Timur.

Ada empat kategori dalam kejuaraan ini, yaitu Junior Women, Junior Men, Elite Women dan Elite Men. Para peserta berasal dari berbagai negara, antara lain Jepang, Malaysia, Latvia, Venezuela, Kanada dan tuan rumah Indonesia.

"Kita apresiasi PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia) dalam yang secara reguler menyelenggarakan kejuaraan seperti ini," ujar Zainuddin dalam keterangannya, Minggu (16/2)

Menurut Zainuddin, ajang seperti itu sangat penting untuk menguji kemampuan para atlet, termasuk pembinaan atlet usia dini.

"Kalau olahraga tidak ada kompetisi maka sebagus apapun latihannya mereka (atlet) tidak teruji. Dengan kejuaraan seperti ini tentu ada kesiapan dan harapan mereka untuk peningkatan prestasi," ujar Zainudin.

Zainuddin berharap PB ISSI beserta Pengprov ISSI DKI, dan Pengprov lainnya mampu secara reguler menyelenggarakan event baik di Jakarta maupun wilayah lain

"Pemerintah amat mendukung agar ini bisa terus dilakukan dengan skala yang lebih besar lagi terutama bagi peserta negara lain. Hal ini agar para atlet kita akan semakin banyak pesaing dari luar negeri," tambahnya.

"Saya kira target akhir kita adalah Olimpiade. Kejuaraan apapun yang diselenggarakan tujuannya untuk bisa lolos kualifikasi Olimpiade. Saya berharap para atlet pura bisa lolos kualifikasi Olimpiade. Apalagi kita bakal menjadi tuan rumah Olimpiade 2032," tambah Zainuddin.

Sementara itu, Ketua PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, yang juga selaku President ICF mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah (Kemenpora) yang begitu serius mendukung kegiatan ISSI.

Dalam kesempatan itu, Ketua Pengprov ISSI DKI Jakarta, Novian Herbowo mengatakan, pihaknya tengah menyusun target event yang akan dilaksanakan dalam 1 tahun.

"Belum final, masih terus kami godok perencanaannya. Kami akan selesaikan secepatnya agar bisa lekas dieksekusi kegiatannya," ujar Novian. (OL-13)

BERITA TERKAIT