15 February 2020, 16:49 WIB

Soal Sensus 2020, Presiden: Berikan Informasi Sejujurnya


Antara | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo berpesan agar masyarakat memberikan informasi sejujur-jujurnya dalam Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai Sabtu (15/2).

"Berikan informasi sejujurnya karena informasi yang bapak ibu berikan akan sangat menentukan kebijakan pembangunan pemerintah ke depannya," kata Presiden Joko Widodo dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden yang dilihat di Jakarta, Sabtu (15/2).

Baca juga: Mulai April, BPS Bakal Rekrut Petugas Sensus Penduduk 2020

Sensus Penduduk 2020 adalah yang pertama menerapkan sistem online atau daring, yang disebut juga Sensus Mandiri yang akan dimulai pada Februari hingga Maret 2020. Warga cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan mengakses laman Sensus Online dengan alamat sensus.bps.go.id

Baca juga: 300 Milenial Dilibatkan untuk Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Masyarakat tidak perlu khawatir ketika tahapan pertama terlewatkan karena pada tahapan kedua adalah pencacahan lanjutan secara konvensional oleh petugas Badan Pusat Statistik (BPS) dari rumah ke rumah pada Juli 2020.

"Sensus Penduduk 2020 harus sukses, terima kedatangan petugas sensus di rumah bapak ibu dan saudara-saudara semuanya," ungkap Presiden.

Tahapan terakhir dari trilogi Sensus Penduduk 2020 adalah Pencacahan Sampel yang akan dilakukan pada Juli 2021.

Baca juga: Sensus Penduduk Daring Siap Dimulai

"Data hasil sensus penduduk ini sangat penting, informasi yang kita isi akan menentukan kebijakan pembangunan ke depan sehingga tahu daerah mana yang membutuhkan tambahan fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi dan semuanya," tambah Presiden. (X-15)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT