15 February 2020, 16:20 WIB

Jaga Kamtibmas, Polri Gelar Bakti Sosial di Blora


tri subarkah | Nusantara

POLRI menggelar bakti sosial dan pelayanan kesehatan gratis di Blora, Jawa Tengah, Sabtu (15/2). Acara yang dipusatkan di Stadion Kridosono tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto.

Kegiatan bakti sosial itu mengusung tema 'Merajut Kebhinekaan Membangun Kebersamaan Guna Mewujudkan Indonesia Sehat.' Menurut Agus, acara yang digelar di kota kelahirannya itu merupakan bentuk implementasi misi dari Kapolri Jenderal Idham Aziz yang mendukung penuh kebijakan Presiden Joko Widodo.

Pada acara tersebut, Polri membagikan sembako sebanyak kurang lebih 5.000 paket. Adapun kegiatan pelayanan kesehatan yang dihelat antara lain khitanan masal, pengecekan gula darah, pemeriksaan psikologi, serta donor darah. Sedangkan operasi bibir sumbing dan katarak dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Prof Awaloedin Djamin, Semarang.

Agus berharap kehadirannya dapat memotivasi warga Blora untuk meningkatkan kesehatannya. Selain itu, bersama dengan pemerintah daerah pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Kalau warganya sehat, sejahtera, Insya Allah negara ini akan maju," katanya di lokasi.

Selain itu, Agus menyebut kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan yang dilakukan pihaknya juga dapat menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal tersebut, lanjut Agus, dapat membantu tugas Polri dalam mengamankan agenda prioritas di tahun 2020.

"Banyak agenda yang kita kerjakan pada tahun 2020 ini, misalnya Pilkada serentak di 270 daerah, maupun agenda-agenda dan yang lain. Negara ini butuh kontribusi semua pihak untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kesehatan masyarakat sehingga sumber daya manusia menjadi maju, tandas Agus.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blora Djoko Nugroho mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mabes Polri. Ia berpesan kepada warganya yang menerima bantuan untuk tidak menjual paket sembako yang sudah diterima.

"Saya berpesan, jika sudah dapat paket sembako, dipakai sendiri dan jangan dijual," kata Djoko.

Solehatun, 40, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Korps Bahayangkara yang telah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial tersebut. Warga Desa Kamolan, Blora itu berharap agar acara serupa dapat rutin.

"Seneng lah, tadi saya ikut cek tensi (darah) juga. Semoga sering ngasih bantuan kaya gini, bisa terus berjalan," katanya. (OL-8)

BERITA TERKAIT