15 February 2020, 15:00 WIB

Pengaspalan Jalan Formula E di Monas Dilakukan Bulan Depan


Ilham Ananditya | Megapolitan

PAGELARAN Jakarta E-Prix 2020 Formula-E (Electric) pada 6 Juni 2020 ini merupakan tema besar yang digaungkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan julukan "Jakarta City of Collaboration". Persiapannya hingga kini masih belum rampung dan akan dipercepat oleh JakPro sebagai host

"Untuk konstruksi saat ini sedang dalam pembangunan barier-nya dengan pagarnya. Kalau untuk pengaspalannya diperkirakan bulan Maret dan selesai antara pertengahan atau akhir April." tutur Dwi Wahyu Daryoto, Chairman of Organising Committee Formula E Jakarta, Dirut JakPro, Sabtu (15/2).

Baca juga: Tim Ahli Cagar Budaya Nasional Tolak Formula E di Monas

Saat dikonfirmasi Media Indonesia, Sadikin Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), bahwa pengaspalan harus sudah selesai paling lambat satu bulan sebelum ajang balapan itu dimulai. 

"Agar dilalui kendaraan umum dulu sehingga semakin lengket aspalnya dan bisa dilakukan pengecekan tanahnya rata atau tidak agar tidak bumpy terhadap mobil balap tersebut. Kami juga sudah berdiskusi dengan pihak kontraktor untuk menantang selesai dalam dua bulan dan ada yang berada di bulan puasa." tandasnya.

Dirinya mengaku sudah berdiskusi dengan kontraktor dan pihak yang mengerjakan Monas bahwa di bawah cable stone setelah dilakukan pengecekan diketahui bukan daerah resapan melainkan aspal. 

"Komisi Pengarah merekomendasikan di kawasan medan merdeka, kawasan itu di dalamnya Monas. Yang menjadi cagar budayanya itu Monas dan kawasannya itu (tanahnya). Jadi seperti SPBG itu bukan cagar budaya. Di dalamnya dikatakan, silakan menggunakan dengan memperhatikan UU Nomor 11 Tahun 2010. Tidak ada yang melanggar," tambah Dwi. (OL-6)

BERITA TERKAIT