14 February 2020, 22:29 WIB

Latihan Perdana, Shin Tae-Yong Fokus Jaga Fisik Pemain


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong untuk pertama kalinya memimpin latihan perdana skuad senior di Stadion Madya, Senayan, Jakarta (14/2).

Sebanyak 30 dari 34 pemain yang dipanggil hadir dalam pemusatan latihan perdana yang dipimpin langsung oleh Shin.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengaku memfokuskan skuadnya dengan latihan ringan agar bisa menjaga fokus para pemain yang baru bertanding bersama klub.

"Banyak pemain senior Indonesia akan cape karena baru selesai bertanding. Jadi, saya harus jaga kondisi mereka dengan latihan yang tak terlalu keras," ujar Shin usai memimpin latihan.

Sementara itu, Shin membeberkan alasan pemanggilan 34 pemain untuk melakukan TC.

Baca juga : Shin Tae-Yong Pimpin Latihan Perdana Timnas Senior Indonesia

Dari 34 daftar pemain yang sempat dipanggil Timnas sebelumnya, terpantau ada empat pemain yang absen. Mereka adalah Yanto Basna, Firza Andika, Septian David dan Muhammad Rafli.

Namun, tim pelatih justru merilis daftar skuat terbaru di latihan perdana.

Dari daftar pemain yang diberikan oleh tim pelatih, beberapa pemain yang tak ada dalam rilis awal seperti Asep Berlian, Koko Ari dan Muhammad Rafli dianggap tak hadir. Sementara nama Yanto Basna, Firza Andika dan Septian David tak ada dalam rilis baru Tim Garuda.

"Jadi setelah pulang dari Chiang Mai Thailand (TC Timnas U-19) waktunya mepet, maka harus memilih pemain secara cepat. Ada beberapa pemain yang di luar rilis disebabkan adanya pemain yang cedera. Jadi ada beberapa nama baru," tutur Shin.

Ia pun membeberkan alasan dibalik pemanggilan empat pemain muda U19 untuk masuk dalam skuad TC.

Baca juga : PSSI Umumkan Jersey Baru Produk Lokal

"Jujur, kemampuan U-19 ini tidak sehebat timnas senior, tapi di Chiang Mai kemampuannya keliatan. Mereka juga bakal dipersiapkan untuk menngikuti piala dunia U-20 2021," ucap Shin.

Empat pemain U-19 yang dipercaya oleh Shin untuk tampil di level senior, yakni Irfan Jauhari, Alfeandra Dewangga, Pratama Alif dan Muhammad Adi Satrio.

Rencananya, Shin akan melatih Skuad Garuda per hari ini hingga 23 Februari mendatang.

Pemusatan latihan ini menjadi bagian dari persiapan Timnas Garuda menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand (26/3) dan Uni Emirat Arab (31/3). (OL-7)

Berikut 30 pemain yang hadir pada TC perdana Timnas senior Indonesia:

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Nadeo Arga Winata, M. Riyandi, Adi Satrio.

Belakang: Ricky Fajrin, Andy Setyo, Fachruddin, Alfreanda Dewangga, Hansamu Yama, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam, Putu Gede Juniantara, Gavin Kwan.

Gelandang: Rachmat Irianto, TM Ichsan, Bayu Pradana, M. Tahir, Sani Rizky, Rizky Pora, Hendro Siswanto, Stefano Lilipaly, Pratama Arhan, Irfan Bachdim, Febri Hariyadi, Rizky Eka, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay.

Penyerang: Ilija Spasojevic, Lerby Eliandri, Irfan Jauhari.

BERITA TERKAIT