14 February 2020, 20:44 WIB

Besok, Menkes Lepas Kepulangan 238 WNI dari Natuna


Atalya Puspa | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto akan turut melepas kepulangan 238 Warga Negara Indonesia yang telah usai mengikuti proses observasi di Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2).

"Besok (Sabtu,15/2) saya ke sana. Menyiapkan untuk melepaskan mereka. Kita akan lihat suasana haru. Mereka pasti bahagia. Kita juga akan bahagia lihat orang bahagia. Selama dua minggu observasi, keluarga juga pasti akan bahagia bertemu kembali," kata Terawan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jumat (14/2).

Terawan akan berangkat ke Natuna bersama Menteri Koordinator Bidang PMK, dan Kepala BNPB dari Bandara Halim Perdanakusuma. Selanjutnya, rombongan akan bertolak ke Jakarta pukul 12.00 menggunakan 3 pesawat milik TNI-AU.

"Kalau cuaca baik, kalau Tuhan mengizinkan, jam 4 kurang sudah tiba di Jakarta," kata Terawan.

Diketahui, sejak tanggal 2 Februari 2020, WNI yang berdomisili di Wuhan, Tiongkok, sebagai wilayah yang menjadi pusat munculnya virus novel korona (COVID 19) dipulangkan ke Indonesia. Selama dua minggu, 238 WNI tersebut menjalani masa observasi terlebih dahulu di Natuna, untuk memastikan terbebas dari COVID 19.

Besok, Sabtu (15/2), masa observasi WNI di Natuna telah selesai. Rencananya, pukul 12.00 WNI tersebut akan pulang ke Jakarta, dan diperbolehkan untuk beraktivitas seperti biasa di lingkungannya masing-masing.

Terawan juga meyakini, dalam masa observasi yang berlangsung selama 2 pekan itu, WNI di Natuna dalam keadaan sehat dan tidak membawa COVID 19 masuk ke Indonesia.

"Sampai detik ini mereka tetap sehat. Karena doa dari rakyat dan bangsa Indonesia juga," tandasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT