14 February 2020, 13:30 WIB

Besok, 16 Warga DKI Pulang dari Natuna


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

SEBANYAK 16 warga DKI Jakarta yang menjalani observasi di Kepulauan Natuna, akan tiba di Ibu Kota pada Sabtu (15/2) besok.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebut 16 warga DKI dinyatakan negatif virus korona. Sehingga, mereka mendapatkan izin pulang ke kediaman masing-masing.

"Prinsipnya, kalau sudah selesai karantina, lalu Kementerian Kesehatan pantau dan pastikan kesehatan mereka. Pasti sudah fit secara kesehatan, jadi tidak usah khawatir. Kita bersukur alhamdulillah dari Wuhan, mereka sehat sampai masa inkubasi terpanjang yang selama ini kita jadikan patokan untuk pemantauan," ujar Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia saat dihubungi, Jumat (14/2).

Baca juga: Buktikan Bebas Korona, WNI di Natuna Lepas Masker Sebelum Terbang

Dwi menegaskan dengan pemulangan ini, 16 warga dipastikan negatif virus korona. Masyarakat Ibu Kota diharapkan tidak khawatir terhadap kepulangan belasan warga seusai observasi.

"Jadi tidak perlu khawatir kepada kita semua, keluarga, kepada tetangga, dan juga biasa saja. Nggak perlu ketakutan sama sekali karena sudah dipastikan mereka sehat," pungkas Dwi.

Pihaknya tidak akan melakukan pengecekan ulang terhadap 16 warga setibanya di Jakarta. Sebab, Kementerian Kesehatan telah memberikan jaminan pemeriksaan. Saat ini, pihaknya akan fokus melakukan sosialisasi kepada keluarga, tetangga dan kerabat.

"Jangan takut berlebihan. Tidak ada yang perlu ditaakuti," ungkapnya.

Sebelumnya, 238 WNI yang dipulangkan dari Provinsi Hubei, Tiongkok, menjalani proses observasi untuk memastikan kondisi tubuh terbebas dari virus korona.(OL-11)

BERITA TERKAIT