14 February 2020, 12:30 WIB

Investigasi Laporan Keuangan Jiwasraya-ASABRI Hampir Rampung


Faustinus Nua | Politik dan Hukum

BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah memeriksa laporan keuangan dua perusahaan asuransi plat merah, yakni PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT ASABRI (Persero).

Pemeriksaan berkaitan kerugian negara akibat beberapa kasus yang terjadi di perusahaan asuransi, seperti gagal bayar polis nasabah, akan diumumkan pada akhir Februari.

"Terus terang masih dalam proses ya, deadline-nya itu akhir Ferbruari. Ini untuk mengukur kerugian negara, harap bersabar akan kita umumkan," kata Kepal Biro Humas dan KSI BPK, Selvia Vivi Devianti di Jakarta, Jum'at (14/2).

Baca juga: Wamen BUMN: Kasus Asabri Punya Keterkaitan dengan Jiwasraya

Dia menegaskan BPK mengusung prinsip kehati-hatian dalam proses pemeriksaan. Mengingat, proses hukum kasus korupsi Jiwasraya juga tengah bergulir di Kejaksaan Agung.

"Karena memang pemeriksaan ini sifatnya investigati dan terkait dengan masalah hukum. Nanti akan disampaikan pada satu forum resmi," jelas Selvia.

BPK tidak hanya mengedepankan publikasi hasil pemeriksaan, namun juga menggencarkan edukasi publik. Selain Jiwasraya dan ASABRI, BPK juga akan melaporkan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan TVRI pekan depan. Hal itu sesuai permintaan DPR RI untuk melakukan pemeriksaan terhadap kinerja televisi milik pemerintah yang berujung pada pemecatan Direktur Utama TVRI, Helmy Yahya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT