14 February 2020, 08:55 WIB

Oknum ASN Sulap Aset Pemkot Depok Jadi TPS


(KG/J-3) | Megapolitan

PRAKTIK pungutan liar yang diduga melibatkan oknum ASN terjadi di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) Pasar Tugu, Cimanggis, Depok. Lahan yang dikomersialkan milik Direktorat Bina Marga dan Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

Dalam pantauan Media Indonesia, kemarin, belasan pengendara motor terlihat membuang sampah di TPS dan kemudian memasukkan uang retribusi Rp5.000-Rp10 ribu ke kotak kecil di sudut jalan.

Kepala Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) Pasar Tugu, Ikhwan, menampik pungli tersebut. Menurutnya, uang sampah dari masyarakat merupakan bentuk kompensasi.

"Sebagian dari retribusi kami belikan rokok dan makanan, sebagian lainnya untuk transpor sopir dan kernet mobil angkutan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok," kata Ikhwan.

Pungli itu terkuak saat masyarakat melihat timbunan sampah di Pasar Tugu yang mencapai 8 meter. Lahan milik Kementerian PU-Pera seluas 2.000 m2 yang sengaja dikosongan untuk daerah resapan air justru disulap jadi TPS. (KG/J-3)

BERITA TERKAIT