14 February 2020, 08:36 WIB

Kejati DKI Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel


(Medcom/J-3) | Megapolitan

KEJAKSAAN Tinggi DKI menerima berkas perkara penyerangan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Berkas yang sempat dikembalikan ke Polda Metro Jaya lantaran dianggap belum lengkap itu tercatat atas nama dua tersangka, yaitu Ronny Bugis dan Rahmat Kadir Mahulette.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Nirwan Nawawi, mengatakan jaksa penuntut umum (JPU) selanjutnya akan meneliti berkas perkara kedua tersangka. Penelitian itu memastikan apakah berkasnya telah memenuhi syarat formal dan materiel.

"Penuntut umum telah menerima kembali berkas tersangka RK dan RB yang sebelumnya dikembalikan pihak Kejati DKI pada 28 Januari," kata Nirwan, kemarin.

Jika ditemukan kekurangan, imbuhnya, berkas perkara tersebut akan dikembalikan ke penyidik PMJ agar bisa dilengkapi sesuai petunjuk JPU. Sebaliknya, bila dinyatakan lengkap, berkas perkara bakal dilanjutkan tahap dua dengan menyertakan alat bukti dan tersangka. "Ancaman maksimal 9 tahun pidana penjara," pungkas Nirwan. (Medcom/J-3)

BERITA TERKAIT