14 February 2020, 08:23 WIB

Lucinta Luna Mendekam di Sel Wanita


(Sru/SM/And/Medcom/J-3) | Megapolitan

TERSANGKA Lucinta Luna akhirnya ditempatkan di sel wanita. Kepastian itu merujuk pada putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan yang membenarkan status jenis kelamin perempuan Lucinta berkekuatan hukum.

"Kami sudah terima putusan dari PN Jaksel yang intinya menerima permohonan dari pemohon dalam hal gender. Sekarang status yang bersangkutan seorang perempuan secara hukum sah dari pengadilan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, kemarin.

Dalam surat putusan itu, terang dia, ada perubahan nama Lucinta yang sebelumnya Muhammad Fatah menjadi Alyuna Putri yang saat ini merupakan wanita. "Nama diganti dari MF menjadi AP. Ini yang sah. Kami tentu harus memastikan betul soal ini." tambahnya.

Lucinta ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba, Selasa (11/2). Ia dinyatakan positif mengonsumsi obat penenang riklona yang masuk dalam golongan psikotropika. Polisi menyita barang bukti itu dari tas tersangka.

Humas PN Jakarta Selatan, Achmad Guntur, mengatakan proses permohonan ganti kelamin diajukan pada November 2019. Hakim pun mengabulkan Lucinta ganti status kelamin. Keputusan hakim berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti surat keterangan dari rumah sakit.

Pada kesempatan terpisah, Polres Metro Tangerang menyita 15 kg sabu dari tersangka NK, 49, di wilayah Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. NK merupakan residivis kasus narkoba.

"Pengungkapan ini berawal dari informasi masyarakat bahwa di wilayah tersebut marak peredaran narkoba," kata Kapolres Metro Tangerang, Kombes Sugeng Hariyanto. Sugeng menerangkan tersangka NK mengaku sebagai kurir yang diperintahkan KP (DPO). "Kasusnya masih kita kembangkan. Saat ini KP juga sedang dikejar," tandasnya. (Sru/SM/And/Medcom/J-3)

BERITA TERKAIT