14 February 2020, 00:31 WIB

Teknologi Jadi Medium Korlantas Polri Tingkatkan Pelayanan


Ghani Nurcahyadi | Megapolitan

ERA digital yang memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi bagian dari pengembangan kerja Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia.

Hal itu sekaligus ditegaskan dalam rapat Kerja Teknis Fungsi Lantas Polri 2020 yang mengambil tema "Road Safety Policing Sebagai Implementasi E-Policing Pada Fungsi Lalu Lintas di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Maju." di Pusdiklantas, Tangerang Selatan, Banten.

Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, penerapan sejumlah teknologi itu bertujuan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri.

"Program-program yang sudah kita kemas, seperti ETLE, Big Data, E Samsat, E Tilang, Cybercops, Road Safety, dan lainnya, harus terus kita perbaiki dan jaga," kata Istiono dalam sambutan penutupan Rakernis Fungsi Lantas Polri seperti dalam keterangan tertulisnya.

Di sisi lain, Istiono menegaskan, kerja Lantas Polri merupakan bagian dari sebuah kerja sama tim. Dukungan teknologi, kata Istiono harus mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga : Polwan Jadi Kapolda, Kapolri: Itu Komitmen Organisasi

"Kapolri menyampaikan, tindakan kita harus bagus, pelayanan kita harus bagus, seluruh jajaran Korlantas harus melakukan semua upaya yang muaranya adalah kepuasan publik. Polri telah mendapatkan penilaian yang semakin baik dari Menpan RB, di Era 4.0 kita yang bukan jurusan IT harus siap menyesuaikan diri dengan teknologi." Terangnya.

Penerapan teknologi juga dinilai Istiono bisa meminimalisir "polisi nakal" dalam pelayanan ke masyarakat. Ia mengingatkan jajaranya untuk selalu mencontohkan pelayanan yang baik ke masyarakat.

Istiono juga berpesan soal Mudik Lebaran 2020 yang sebentar lagi akan jadi fokus kerja Korlantas Polri.

"Kemacetan harus kita kurangi, dengan tegas menindak overload and dimension, agar lLaka berkurang drastis," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT