13 February 2020, 23:48 WIB

Mahasiswa UBL Kampanyekan soal Iklim Lewat Kompetisi Vlog


Syarief Oebaidillah | Humaniora

MAHASiSWA Universitas Budi Luhur yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) mengampanyekan bahaya perubahan iklim dan kesadaran lingkungan lewat kompetisi video blog (vlog).

Kompetisi bertajuk Millenial Action for Sustainable Living iu digelar di Auditorium Grha Mahardika Bujana UBL sejak Rabu (12/2). Sebanyak 70 tim dari berbagai daerah mengikuti kompetisi vlog itu.

Ketua panitia lomba vlog tersebut, Diva Alya Maharani berharap, perlombaan itu membantu menyadarkan generasi millennial akan pentingnya gaya hidup berkelanjutan, pola konsumsi dan produksi berkelanjutan yang merupakan hal paling mendasar untuk mengurangi emisi rumah kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap dampak iklim yang tidak terhindarkan.

"Generasi millennial adalah generasi yang akan memperbaiki lingkungan di masa depan, maka dengan itu acara ini memanfaatkan peran elemen masyarakat secara khusus untuk pemuda Indonesia sendiri menjadi salah satu dari 195 negara yang menandatangani Paris Agreement sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan respon global terhadap perubahan iklim," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga : UPN Veteran Yogya Tuan Rumah Kejurnas Pencak Silat Piala Presiden

Kegiatan yang jajaran Yayasan Budi Luhur Cakti dan Rektorat UBL itu, juga diharapkan dapat memenuhi tujuan PBB yaitu untuk memperdayakan semua anggota masyarakat untuk terlibat dalam aksi iklim, melalui pendidikan, pelatihan, kesadaran dan partisipasi publik, dan kerjasama internasional dalam isu-isu ini.

"Kami meyakini bahwa tujuan yang kami harapkan tidak akan tercapai jika tidak melibatkan berbagai sektor masyarakat," kata Diva.

Selain lomba vlog, HIMAHI UBL juga mengadakan diskusi soal iklim yang melibatkan sejumlah pembicara, salah satunya adalah Miss Earth Indonesia 2018 Ratu Vashti Anissa.

Ada juga coaching clinic yang dihelar organisasi pecinta lingkungan, diantaranya Green Peace, WWF Indonesia, Greeneration Foundation, Segara Naturals, WRI Indonesia, dan Madani Berkelanjutan.(RO/OL-7)

BERITA TERKAIT