13 February 2020, 21:27 WIB

Unesa Sosialisasi Sambut Mahasiswa dari Natuna


Faisol Taselan | Nusantara

UNIVERSITAS Negeri Surabaya (Unesa), Jawa Timur, sosialisasi kesiapan sambut kedatangan sembilan mahasiswa yang dikarantina di Natuna, kamis (13/2).

''Kampus memberikan sosialisasi pada mahasiswa Unesa Jurusan Bahasa Mandarin agar siap dan tidak menghindari rekannya yang baru tiba dari Natuna, sebab berpikir akan menularkan virus korona,'' kata Diana Rachmasari, tim trauma healing di Surabaya, Kamis 913/2).

Sosialisasi tersebut dilakukan di Unesa Surabaya. Dalam sosialisasi juga dihadirkan wali mahasiswa yang tengah dikarantina di Natuna serta
tim trauma healing.

Menurutnya, sosialisasi diperlukan karena dari 49 mahasiswa Unesa Jurusan Bahasa Mandarin, ada 30 persen di antaranya yang trauma dan
menolak pemulangan rekannya dari Natuna karena dianggap akan menularkan penyakit akibat virus korona.

"Tim trauma healing, selain akan mendampingi mahasiswa yang datang dari Natuna, juga akan melakukan pendampingan pada mahasiswa yang merasa ketakutan dengan kedatangan temannya dari Natuna. Sebab, pemulangan mahasiswa dari Natuna itu berarti kondisinya sudah sehat dan tidak membawa virus korona," papar Diana.

Tim trauma healing nantinya tidak hanya akan mendampingi mahasiswa tetapi jika diperlukan juga akan mendatangi rumah mahasiswa dari Natuna agar lebih mudah dalam menangani trauma akibat virus corona

Meski ada yang takut, namun Kholifatul islamiyah, salah satu mahasiswa mengaku senang dengan adanya sosialisasi tersebut lantaran menjadi terpacu untuk mencari beasiswa ke Central China Normal University Wuhan.

''Lantaran di CCNU-lah pembelajaran Bahasa Mandarin dinyatakan terbaik seantero China. Ini kesempatan mencari beasiswa saat semua reda nanti,'' katanya.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT