14 February 2020, 09:05 WIB

Dedi Usulkan Tender Impor Bawang Putih


Despian Nurhidayat | Ekonomi


Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyarankan pelaksanaan   program tender bagi impor bawang putih guna mengatasi lonjakan harga.

Hal itu diyakni dapat memecahkan persoalan kelangkaan bawang putih dan juga bisa mengakomodasi permintaan yang melambung tinggi.

"Misalnya  saya mau tender impor bawang putih dari India. Maka setiap perusahaan akan saling bersaing dan menyampaikan harga paling rendah," ungkapnya di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (13/2).

Lebih lanjut, Dedi menambahkan bahwa tender merupakan cara jitu untuk memastikan ketersediaan bawang putih. Dengan catatan, harus ada tranparansi dengan mengumumkan bahwa perusahaan yang telah menjadi tender impor bawang putih membeberkan rincian dana untuk menjual ke publik.\

Dampak Koronan, Harga Bawang Putih di Sumbar Melonjak

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa impor juga cukup menguntungkan dikarenakan bisa memenuhi kebutuhan untuk satu tahun kemudian. Hal yang menjadi persoalan ialah transparansi mengenai gudang bawang putih yang menjadi penyedia kebutuhan.

"Sekarang yang jadi persoalan itu Satgas Ketahanan Pangan harus turun ke daerah untuk melihat. Publik kan tidak mengetahui gudang bawang putih di mana saja selama ini. Nah ini harusnya tranparansi sehingga nanti importir yang impor bawang putih itu bisa mengakses ke publik gudangnya di mana saja. Nantinya publik bisa mengetahui jumlah disetiap gudangnya dan gudang akan disesuaikan dengan jumlah penduduk. Sederhana pengawasannya," tandas  Dedi. (Des/E-1)

BERITA TERKAIT