13 February 2020, 19:37 WIB

Soal Formula E, PDIP Tuding Anies Lakukan Pembohongan Publik


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANGGOTA Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah menyebut Pemprov DKI Jakarta telah melakukan pembohongan publik dengan menggelar Formula E di Monas.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) menyebut Formula E tidak menggunakan area Monas sebagai sirkuit. Revitalisasi Monas dikatakannya pun bukan untuk memfasilitasi balap mobil bertenaga listrik itu.

Baca juga: Tuding Anies Manipulasi Rekomendasi, Ketua DPRD Datangi Setneg

"Saya tanya dulu pas rapat katanya nggak masuk Monas. Eh, ternyata masuk. Pak Heru (Kepala Dinas Citata) bilangnya buka wewenang dia tapi Pak Hari (Kepala Dinas Bina Marga DKI) ngumumin. Waduh," kata Ida saat dihubungi, Kamis (13/2).

Dengan pernyataan yang kontradiktif itu, Pemprov DKI dinilai Ida sudah membohongi publik. Ia pun mulanya sudah mencurigai proyek revitalisasi Monas bukan hanya untuk menjalankan Keputusan Presiden No 25 tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka tetapi juga ada maksud lainnya.

Sebab, revitalisasi pada sisi selatan itu dilakukan buru-buru dan menabrak aturan antara lain soal penebangan pohon dan tidak adanya koordinasi dengan Komisi Pengarah.

Terlebih lagi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) membantah telah diajak berkoordinasi maupun dilibatkan membahas cagar budaya.

"Saya berharap Pak Anies berhentilah nih. Jajarannya pada bohong. entahlah siapa yang bohong itu. Kalau sudah ada sanggahan kayak gini ya pasti ada yang melakukan pembohongan publik," tukasnya.

Dilihat dari lampiran surat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Komisi Pengarah tertanggal 7 Februari terdapat peta rute sirkuit Formula E yang akan diselenggarakan pada 6 Juni mendatang.

Baca juga: Kemendibud: Denda Siswa Nonton Cap Go Meh Mengacu Edaran MUI

Dalam peta tersebut, arena sirkuit dibagi ke dalam tiga zona. Zona A terdapat di silang Barat Laut Monas yang akan dijadikan arena rekreasi dan pengenalan terhadap Formula E.

Sementara, Zona B yang direncanakan berada di sisi selatan akan menjadi area bagi tamu VIP dan sebagai titik mula balapan. Ida menyebut untuk menyediakan arena inilah sisi selatan Monas dikebut untuk direvitalisasi.

Sementara, untuk Zona C di sisi timur akan menjadi arena bagi staf dan media. (OL-6)

BERITA TERKAIT