13 February 2020, 18:39 WIB

Tebing 40 Meter Longsor, Arus Lalu Lintas Tertutup


Benny Bastiandy | Nusantara

TEBING setinggi lebih kurang 40 meter di Kampung Lodaya RT 002/001, Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, longsor, Kamis (13/2).

Akibatnya, jalan utama yang menghubungkan ke Desa Sukasari tak bisa dilalui kendaraan karena tertimbun material tanah longsor.

Kapolsek Kadupandak, Ajun Komisaris Deden Sulaeman, menyebutkan longsornya tebing terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Timbunan material tanah bercampur cadas yang mengalami longsor sekitar 15 meter dan lebar 15 meter.

"Akibat tertutupnya akses Jalan Raya Kadupandak menuju ke Desa Sukasari, arus lalu lintas kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, tidak bisa lewat," terang Deden kepada wartawan, Kamis (13/2).

Material tanah longsor juga menyeret pohon kiara yang berdiri tegak pada tebing. Sehingga, pohon tersebut ikut melintang menghalangi akses jalan.

"Pascakejadian, kami dibantu Koramil, aparatur kecamatan langsung menuju ke lokasi untuk mengevakuasi material tanah dan cadas yang menghalangi jalan," tuturnya.

Proses pembersihan material tanah dan cadas dibantu alat berat dari UPTD Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kecamatan Kadupandak. Bagi kendaraan, kata Deden, sementara waktu dialihkan ke beberapa jalur alternatif.

"Untuk sepeda motor, kami alihkan ke jalur alternatif terdekat. Sedangkan untuk mobil kami alihkan jalurnya ke ruas jalan menuju Kecamatan Tanggeung. Tidak ada korban pada kejadian ini," pungkasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT