13 February 2020, 18:31 WIB

Polwan Jadi Kapolda, Kapolri: Itu Komitmen Organisasi


Cindy Ang | Megapolitan

KAPOLRI Jenderal Idham Azis menuturkan setiap Polwan berprestasi memiliki kesempatan yang sama menjadi perwira tinggi (pati) termasuk Kapolda.

"Polwan kalau bagus juga punya kesempatan yang sama seperti dengan Polri untuk menorehkan prestasi," kata Idham dalam pidatonya di Rupatama Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Baca juga: Kapolri Tegaskan Penerbitan SIM, STNK, BPKB Tetap di Polri

Dia menyampaikan itu saat upacara penaikan pangkat Kombes Apriastini Bakti Bugiansri menjadi Brigjen dan Brigjen Sri Handayani menjadi Irjen.

Bahkan, Idham memperkirakan dua hingga tiga bulan ke depan hal itu bisa terjadi. "Jangan salah kalau dua-tiga bulan ke depan ada Polwan yang bisa saya angkat untuk jadi Kapolda. Itu lah komitmen organisasi kita agar siapa yang terbaik dia yang naik," ucap Idham.

Baca juga: Banyak Ungkap Kasus Libatkan Anak, Polres Jaksel Dapat Rekor MURI

Sebanyak 42 pejabat tinggi (pati) dan pejabat menengah (pamen) Polri diberi kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Mereka terdiri dari 13 pati berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) dan 29 pamen berpangkat Komisaris Besar (Kombes) menjadi Brigjen.

Baca juga: Amankan Pilkada 2020, Polri Bentuk Satgas Nusantara

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram bernomor STR/6/II/KEP./2020 tertanggal 12 Februari 2020 yang ditandatangani oleh Kepala Biro Pembinaan Karir Asisten Sumber Daya Manusia Brigjen Dedi Prasetyo.

Sehingga struktur Pati dalam organisasi Polri berjumlah 428 Pati Polri yang terbagi menjadi satu Pati berbintang empat, 11 Pati berbintang tiga, 118 Pati bintang dua serta 298 Pati bintang satu. Sementara kurang lebih 500 Kombes sudah memenuhi syarat sebagai pati polri yang menunggu giliran mendapatkan amanah. (X-15)

BERITA TERKAIT