13 February 2020, 18:24 WIB

Karena Virus Korona, DKI Turunkan Target Wisman saat Formula E


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, menargetkan kedatangan wisatawan dari domestik dan internasional ke Jakarta antara 35 ribu hingga 50 ribu orang pada penyelenggaraan balap mobil Formula E.

"Wisatawan domestik kita juga banyak lho. Kita targetkan antara 35 ribu sampai 50 ribu untuk wisatawan," tegasnya saat dihubungi, Kamis (13/2).

Baca juga: Usai Observasi, Pemulangan 238 WNI Dilakukan Tanpa Seremoni

Dari jumlah tersebut, sambung Cucu, sebanyak 5 ribu wisatawan ditargetkan berasal dari mancanegara. "Kenapa kita targetkan 5 ribu? Karena ini masih dalam masa pemulihan adanya virus korona. Turis kita terbanyak itu dari Tiongkok," tutur Cucu.

Ajang promosi kegiatan Formula E juga akan digelar dengan pameran. Formula E juga diharapkan dapat memperbaiki citra Jakarta di mata warga daerah serta masyarakat internasional. Terlebih, sebelumnya banyak terjadi aksi demonstrasi besar-besaran di Gedung DPR/MPR RI yang cukup membuat Jakarta dianggap tidak aman.

"Iya. Jadi tahun kemarin kan banyak chaos, banyak demo, banyak rusuh jadi dipersepsikan tidak aman. Dengan event ini kan harapannya liputannya, publikasinya, kan internasional, menunjukkan Jakarta posisi ke depan aman. Ke depan kita menundukung teknologi yang ramah lingkungan," jelasnya.

Penyelenggaraan Formula E akan digelar pada 6 Juni mendatang. Balap mobil bertenaga listrik itu akan dihelat di kawasan Monumen Nasional dan Kawasan Medan Merdeka. Dinas Pariwisata DKI menganggarkan dana Rp2,3 miliar untuk promosi wisata Jakarta dengan memanfaatkan event tersebut. (OL-6)

BERITA TERKAIT