13 February 2020, 18:11 WIB

NTP Merosot, Cek Endra Minta Petani Tidak Mengalihfungsikan Lahan


Solmi | Nusantara

MEROSOTNYA angka Nilai Tukar Petani atau NTP di Jambi pada Januari 2020 untuk Tanaman Pangan akan berdampak pada pengalih fungsian lahan. Lantaran itu, Bupati Sarolangun Cek Endra meminta warga yang memiliki sistem penyaluran air untuk pertaniannya agar lahan persawahannya tidak dialihfungsikan.

Hal tersebut, menurut Cek Endra, karena alih fungsi lahan dapat mengurangi lahan pangan sehingga dapat menggangu jumlah ketersediaan makanan pokok, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Pengalihan fungsi lahan kurang bagus dampaknya. Kita memerlukan lahan pangan yang banyak hari ini," imbau Bupati Cek Endra, Kamis (13/2)

Ajakan pria yang sering disapa Haji Cek itu juga berdasar pengalaman sebelumnya. Dimana banyak warga yang mengganti fungsi lahan pertanian mereka dengan menanam kelapa sawit saat nilai NTP menurun.

"Saya sudah lama melarang masyarakat mengubah lahan sawah menjadi kebun sawit. Ya, karena kita keterbatasan lahan pangan hari ini," ungkapnya.

Menurut Cek Endra, semua pihak baik di pemerintah daerah dan pusat  seharusnya bekerja sama untuk mengantisipasi berkurangnya pasokan pangan. Salah satunya ialah dengan mempertahankan lahan pertanian.

"Kami akan terus mengupayakan penambahan lahan pertanian. Segala upaya dilakukan, termasuk menjajaki kerja sama dengan pemerintah pusat," tegasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT