13 February 2020, 15:10 WIB

Wapres Minta Kepala BPIP Luruskan Pernyataan Kontroversial


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, berharap Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, mengklarifikasi pernyataannya yang menuai polemik. Pernyataan Yudian menyebut agama adalah musuh Pancasila.

"Saya kira itu kita mengharapkan beliau bisa mengklarifikasi supaya tidak timbul apa namanya, ya tidak terjadi salah paham," ujar Ma'ruf saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) di Jakarta, Rabu (12/2).

Baca juga: Pernyataan Kepala BPIP Soal Agama Musuh Pancasila Dinilai Ngawur

Klarifikasi dibutuhkan agar tidak ada kegaduhan di masyarakat. Secara terpisah, Kepala BPIP, Yudian Wahyudi, mengklarifikasi polemik pernyataannya terkait hubungan Pancasila dan agama. Yudian berdalih dirinya tidak bermaksud mempertentangkan agama dengan Pancasila.

"Yang saya maksud bahwa Pancasila sebagai konsensus tertinggi bangsa Indonesia harus kita jaga sebaik mungkin. Pancasila itu agamis. Karena kelima sila Pancasila dapat ditemukan dengan mudah dalam kitab suci keenam agama, yang diakui secara konstitusional oleh NKRI,” tutur Yudian dalam keterangan resmi, Rabu (12/2).

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta itu dilantik Presiden Jokowi menjadi Kepala BPIP pekan lalu di Istana Negara Jakarta. Yudian menjabat rektor UIN Sunan Kalijaga dan juga merupakan guru besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT