13 February 2020, 07:49 WIB

Gempa Padang Panjang Akibat Aktifitas Sesar Sumatra


Ferdian Ananda Majni | Nusantara

SEBAGIAN masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya goncangan gempa yang terjadi pada pukul 01.37 WIB, Kamis (13/2).

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang Irwan Slamet mengatakan, dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang, diperoleh parameter gempa dengan kekuatan M 4.1.

Pusat gempa itu berada di darat pada koordinat 0.40 Lintang Selatan dan 100.44 Bujur Timur, sekitar 8 KM Timur Laut Padang Panjang-Sumbar pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

"Berdasarkan laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan di Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar dan Bukittinggi III - IV MMI, Payakumbuh III MMI," kata Irwan dari keterangan resminya, Kamis (13/2).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 2 Kilometer

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar sumatera segmen Sianok," sebutnya

Hingga saat ini, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): infobmkg. (OL-1)

BERITA TERKAIT