13 February 2020, 07:55 WIB

Erzaldi Gulirkan Trans-Bangka Belitung


RF/HT/AD/CS/RS/UL/YH/DW/N-2 | Nusantara

KONSENTRASI Erzaldi Rosman Djohan memudahkan konektivitas warga di Bangka Belitung tidak pernah berhenti. Tahun ini, sang gubernur menggelar rencana pembangunan jalan trans.

"Jalan trans sepanjang 400 kilometer dibangun di Pulau Bangka dan 200 kilometer di Pulau Belitung. Gubernur sudah mengomunikasikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono," ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bangka Belitung Noviar Ishak, kemarin.

Saat ini, kajian, studi lingkungan dan detail engineering design sedang dilakukan. Dana pembangunan jalan trans di kedua pulau itu akan didukung APBN.

"Kalau lancar dan tidak ada kendala, Trans-Bangka Belitung ini ditargetkan bisa dimulai 2021. Jalan ini akan mampu mendukung konektivitas di provinsi ini yang masih kurang," tandas Noviar.

APBN juga menjadi andalan Jawa Tengah untuk membangun infrastruktur di masa mendatang. Daerah ini mengusulkan pembangunan lima jalan tol.

"Dananya sekitar Rp150 triliun. Kelima jalur tol itu ialah Solo-Yogya, Yogya-Bawen, Pejagan-Cilacap, Solo-Rembang dan Semarang-Kendal," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo.

Sementara untuk pembangunan di jalan provinsi, APBD Jawa Tengah siap menggelontorkan dana Rp900 miliar. "Untuk jembatan, jalan pelabuhan dan fasilitas pendukungnya, dengan kebutuhan dana Rp353 triliun untuk empat tahun ke depan, setengah di antaranya dengan pola pendanaan kerja sama pemerintah dan badan usaha," lanjutnya.

Rencana pemerintah membangun Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, juga terus bergulir. Kemarin, PT Jasa Marga melakukan pertemuan dan konsultasi publik dengan pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan di Kota Tasikmalaya. "Ini tahap awal. Pertemuan seperti ini juga akan digelar di Cilacap, Pangandaran, Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Kota dan Kabupaten Bandung," jelas Ketua Tim Penyusun Amdal, Lutfi Hadinata. (RF/HT/AD/CS/RS/UL/YH/DW/N-2)

BERITA TERKAIT