13 February 2020, 06:57 WIB

Trans-Jakarta Tambah 1 Rute Stasiun Manggarai-Tosari


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PT Trans-Jakarta kembali menambah rute menuju dan dari stasiun guna membantu mengakomodasi penumpang KRL saat terjadinya perbaikan wesel di dua stasiun besar yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota mulai hari ini, Kamis (13/2) hingga 23 Februari mendatang.

Setelah delapan rute dan penambahan armada, Trans-Jakarta, hari ini, mulai mengoperasikan satu tambahan rute khusus non-BRT Hybrid sebagai bentuk integrasi dan pelayanan terpadu dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Manggarai.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Trans-Jakarta) Nadia Diposanjoyo menyampaikan layanan khusus Stasiun Manggarai-Tosari ini merupakan layanan terobosan untuk mengakomodasi pelanggan KCI yang perlu bergegas menuju pusat kota untuk bekerja.

Baca juga: Ada Perbaikan Wesel di KRL, Trans-Jakarta Tambah Armada

"Dibukanya layanan ini adalah sebagai pelengkap layanan yang sudah ada. Selama ini, rute yang melintas KCI merupakan rute lintas koridor 4, sedangkan rute khusus ini adalah rute langsung (direct) yang akan membawa pelanggan KCI menuju pusat kota, halte Trans-Jakarta Tosari di koridor 1 dan melewati berbagai pusat perkantoran dan perniagaan," kata Nadia dalam keterangan resmi, Kamis (13/2).

Layanan modifikasi khusus lintas koridor ini dapat ditemui tepat di depan pintu keluar gerbang stasiun KAI Manggarai sehingga pelanggan dapat langsung menuju bus tanpa harus menyebrang ke koridor.

Sebanyak enam unit bus tipe single dengan kapasitas 29 orang berdiri dan 36 orang duduk serta 1 kursi roda dipilih untuk memudahkan pelanggan transit di halte Trans-Jakarta.

“Hal ini kami upayakan sebagai bentuk antisipasi lonjakan pelanggan yang ada di Halte Stasiun Manggarai, terutama di jam-jam sibuk pagi hari mulai pukul 06.00–09.00 WIB dan sore hari pukul 17.00–20.00 WIB,” kata Nadia.

Nadia menambahkan, salah satu keuntungan transportasi berbasis jalan yang dimiliki Pemprov DKI ini adalah fleksibilitas perjalanan dan rute yang dapat didesain dan dioperasikan dalam waktu cepat, sehingga dapat terus menghubungkan denyut kehidupan warga selama berkegiatan di DKI.

Fleksibilitas menjadi sebuah keunggulan Trans-Jakarta yang sudah memiliki armada terintegrasi, teknisi handal dan pramudi yang mumpuni.

"Adalah nafas dan gen DNA kami untuk terus melayani warga dan menyambungkan perjalanan ke berbagai moda transportasi untuk memudahkan perpindahan selama pelanggan ada di DKI menuju tujuan akhirnya," tutur Nadia.

Berikut adalah rute layanan Trans-Jakarta Non-BRT Hybrid Stasiun KAI Manggarai – Halte Trans-Jakarta Tosari yang dilalui::

Stasiun Manggarai - Halte BRT Manggarai - Jl. Sultan Agung - Jl. Galunggung - Jl. Jendral Sudirman - Halte BRT Tosari - Jl. Blora - Jl. Latuharhari - Jl. Galunggung - Jl. Tambak - Jl. Manggarai Selatan 1 - Stasiun Manggarai. (OL-1)

BERITA TERKAIT