13 February 2020, 06:00 WIB

Telkom Diminta Segera Restrukturisasi Bisnis


(Van/E-3) | Ekonomi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta PT Telekomunikasi Indonesia (persero) atau Telkom untuk melakukan restrukturisasi bisnis. Pasalnya, sekitar 70% dividen dan revenue perusahaan disumbang anak usahanya, PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel.

"Enak sih Telkom, Telkomsel dividen dan revenue-nya kalau digabung hampir 70%, jadi mendingan enggak ada Telkom. Langsung aja Telkomsel ke BUMN, dividennya jelas," kata dia dalam sambutan di acara Program Penguatan Magang Mahasiswa Besertifikat (PPMMB) BUMN, di Jakarta kemarin.

Erick mendorong Telkom untuk melakukan berbenah dari segi bisnisnya dengan fokus pada teknologi terkini, seperti database dan teknologi komputasi awan (cloud computing). Hal itu untuk bisa bersaing dengan perusahaan teknologi asing seperti halnya Alibaba Cloud yang merupakan anak usaha dari Alibaba Group.

Dia menilai potensi teknologi awan ini sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia. Hal itu juga berguna untuk menyimpan, mengelola, dan memanfaatkan data dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas BUMN. "Makanya kita mau Telkom berubah arah," singgungnya. (Van/E-3)

BERITA TERKAIT